Berita

Kontak

Alamat :

Jl. Raya Joglo Baru No.77 Kembangan Jakarta Barat

Telepon :

021-25684367 - 021-25684367

Email :

info@man10jakarta.sch.id, man_joglo10@yahoo.com

Website :

www.man10jakarta.sch.id

Media Sosial :

Polling

Bagaimana Tampilan Website ini

  Bagus Sekali
  Bagus
  Cukup Bagus
  Kurang Bangus
  Tidak Bagus

  Hasil Polling

Kalender

November 2021

Mg Sn Sl Rb Km Jm Sb
1 2 3 4 5 6
7 8 9 10 11 12 13
14 15 16 17 18 19 20
21 22 23 24 25 26 27
28 29 30

HASIL TIDAK AKAN MENGKHIANATI USAHA


“BERAWAL ISENG, EH KETERUSAN MERAIH JUARA 1

 KSM TINGKAT KOTA DAN PROVINSI”

Oleh : Yuliana Dwi Asworo


Hasil tidak akan mengkhianati usaha. Ya, itulah slogan yang harus diingat para pelajar maupun kita sebagai pelaku kehidupan. Hasil yang akan didapatkan oleh seorang pelajar sebanding dengan seberapa besar usaha untuk mengerjakannya dengan fokus (bersungguh-sungguh) serta berkesinambungan (istiqomah), dan disini sudah tentu peran serta sekolah atau Madrasah sebagai tempat menuntut ilmu, guru sebagai pendidik yang merupakan salah satu sumber ilmu bagi peserta didik, orang tua yang mendukung kenyamanan belajar di rumah dan setelah semuanya sudah dikerjakan secara maksimal, Allah SWT-lah yang sangat dominan menentukan hasil akhirnya.

Setelah 2 tahun tidak mendapatkan prestasi akademik dalam bidang KSM, yaitu Kompetisi sains Madrsah yang diselenggarakan rutin setiap tahunnya oleh Kementerin agama republic Indonesia, Alhamdulillah berkah untuk MAN 10 Jakarta yang berlokasi di Kelurahan Joglo, Kecamatan Kembangan, tahun ini berhasil menorehkan prestasi gemilangnya di tingkat kotamadya Jakarta Barat dan berlanjut ke tingkat provinsi DKI Jakarta. Hasil tersebut tak luput dari peran Kepala Madrasah yaitu Ibu Dra. Nurlaelah, M.Pd yang telah memperoleh gelar Doktornya di Universitas Negeri Jakarta (UNJ) tahun lalu, dengan terus memotivasi pelajar maupun guru-guru untuk terus belajar dan membaca demi kemajuan akal, diiringi juga dengan program Tahsin Tahfidz untuk mendekatkan pelajar maupun pendidik kepada Kalamullah yaitu Al Qur’an agar selaras antara hati dengan akal untuk mendidik siswa-siswinya agar menjadi pelajar yang cerdas hati dan akalnya untuk menjadi muslim yang intelektual.

Awal mula pencapaian prestasi akademik dalam KSM dimulai tahun 2017, yaitu MAN 10 Jakarta mengirimkan utusannya dalam mata pelajaran Matematika, Kimia, Fisika, Biologi, Ekonomi dan Geografi yang dilaksanakan di MAN 4 Jakarta. Alhamdulillah MAN 10 mendapatkan prestasi Juara III tingkat Provinsi dalam mata pelajaran Kimia atas nama Eka Alya yang saat itu masih duduk di kelas X semester dua dan sekarang kuliah di Jurusan Farmasi UIN. Penyerahan hadiah dilaksanakan di Kantor Kementerian Agama Provinsi DKI Jakarta tepatnya di Kebon Nanas, Jakarta Timur berupa piala serta sertifikat yang dapat digunakan untuk seleksi masuk PTN melalui jalur prestasi.


Gambar 1. Duta KSM 2019 beserta Guru pembimbing

Prestasi selanjutnya dalam KSM adalah tahun 2019, dimana dilakukan seleksi tingkat kota/kabupaten bertempat di MAN 16 Jakarta. MAN 10 Jakarta tidak melewatkan kesempatan untuk mengirimkan siswa/siswi terbaiknya dalam KSM 2019, Alhamdulillah tiga prestasi sekaligus diperoleh oleh siswi MAN 10 dalam 3 bidang, yaitu juara II Ekonomi terintegrasi oleh Ananda Nabila Tasya Saripah, yang sekarang kuliah di UIN jurusan Ekonomi Pembangunan, Juara III Fisika terintegrasi oleh Ananda Melly Dwi Marsela dan Juara III Geografi terintegrasi oleh Ananda Putri Alya. Pemberian hadiah dilakukan di Kantor Kementerian Agama Kota Jakarta Barat oleh Bapak Drs. H. Sofi’i, MA.


Gambar 2. Penyerahan Piala dan Sertifikat Juara KSM Tingkat Kota Jak-Bar

Pandemi Covid-19 yang telah berlangsung sejak akhir Desember 2019 akhirnya membuat kebijakan Pemerintah untuk melakukan pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) yang dimulai di pertengahan bulan Maret 2020. Kegiatan PJJ tersebut tentu berdampak pada kegiatan mengajar yang dilakukan oleh MAN 10 Jakarta maupun sekolah lain di seluruh Indonesia. Dari yang awalnya melakukan tatap muka di Madrasah, akhirnya harus tatap muka di dunia maya menggunakan aplikasi Zoom, Microsoft Meet, Google Meet ataupun aplikasi lainnya.

Walapun masih dalam masa pandemi Covid-19 ini, peserta didik tetap difasilitasi agar senantiasa dapat melakukan aktifitas, berkompetisi dan berprestasi dengan tetap menaati protokol kesehatan. Oleh sebab itu, kegiatan KSM tahun 2021 tetap dilaksanakan dengan skema baru menggunakan Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan Bahasa Arab yaitu mencantumkan ayat atau hadits yang merupakan bentuk persiapan kegiatan KSM di masa mendatang agar para peserta didik yang menjadi juara siap untuk berkompetisi secara Go International dengan negara lain.

Dibawah koordinator KSM, yaitu Bapak Yosiari Dwi Atmojo, S.Pd, para peserta didik tetap mengikuti pelatihan dan bimbingan dengan menggandeng beberapa instansi terkait dengan terlebih dahulu melakukan open recruitment terhadap seluruh peserta didik untuk mengikuti pelatihan sesuai minat mereka. Akhirnya terpilihnya 6 utusan yang telah lolos seleksi tingkat satuan Pendidikan (Madrasah) yaitu Marsha Ghinaa Athaayaa (Matematika terintegrasi), Putri Narisa Zein (Fisika Terintegrasi), Sabrina Putri (Kimia Terintegrasi), Salsabilla Zahran (Biologi Terintegrasi), Arikah Fazira (Ekonomi Terintegrasi), dan Hania Cahya S. (Geografi Terintegrasi) untuk mengikuti seleksi tingkat kota/kabupaten yang dilakukan secara daring bertempat di MAN 10 Jakarta. Dari hasil seleksi tersebut, Alhamdulillah prestasi Kembali diraih oleh para utusan lomba dengan hasil yang sanggat membanggakan.


Gambar 3. Ucapan Selamat dari MAN 10 Jakarta kepada para Juara

Ucapan selamat, baik sebelum lomba maupun sesudah Lomba dari pihak Madrasah adalah sesuatu yang dapat membangkitkan semangat para utusan, karena mereka merasa didukung para warga Madrasah dan mendapatkan doa dari teman-teman dan guru serta orang tua murid. Sehingga pada pelaksanaan seleksi selanjutnya yaitu tingkat Provinsi yang bertempat di MAN 4 Jakarta secara luring, pada tanggal 18-19 September 2021. Tiga utusan MAN 10 Jakarta yang mendapat prestasi juara I hingga III berkumpul dengan rasa bangga dengan peserta didik dari madrasah lain, dan dilakukanlah tes berbasis teknologi untuk menentukan juara tingkat provinsi, dimana juara pertamanya akan mewakili Provinsi DKI Jakarta menuju KSM tingkat Nasional.

Akhirnya hasil yang dinanti-nanti datang juga, tanggal 25 september 2021 pada pukul 03.56 dini hari tersiar pengumuman juara Provinsi melalui grup WA dan website https://ksm.kemenag.go.id/web/pengumumanprovinsi, berbahagialah para juara serta semua civitas akademika yang terlibat. Ananda Putri Narisa Zein tetap mempertahankan posisi juara pertamanya dalam bidang Fisika terintegrasi, sedangkan Marsha Ghinaa Athaayaa mendapatkan juara Harapan II dalam bidang Matematika terintegrasi, sehingga MAN 10 masuk ke dalam 10 peringkat Sekolah/Madrasah dengan perolehan juara terbanyak, dimana posisi teratas oleh SMAN Unggulan M.H. Thamrin, disusul oleh MAN 4, MAN 3, MAN 13 dan MAN 10 Jakarta di posisi 5 tingkat provinsi DKI Jakarta.   

Putri yang pada awalnya masuk MAN 10 Jakarta lewat jalur prestasi melalui aneka juara dalam bidang Matematika mewakili MTSN 32 Jakarta, banting setir di MAN 10 Jakarta memilih Fisika sebagai mata pelajaran dalam KSM. Menurut pengakuannya, diarahkan memilih Fisika agar bisa sekalian belajar lebih karena guru les Fisika sangat jarang, sedangkan matematika sudah banyak peminatnya. Alhamdulillahnya hal tersebut berbuah manis.

Hasil yang diperoleh Putri tidak serta merta dadakan diperolehnya, karena usaha yang dilakukan serta tekanan tugas dan bimbingan dari mulai pagi hari hingga malam hari sudah biasa dilakoninya sejak duduk di bangku MI dan MTS. Beraneka macam lomba dan kompetisi bidang Matematika serta IPA sudah sering diikuti, bahkan hingga diijinkan tidak ikut KBM oleh pihak Madrasah selama sebulan demi Latihan intens untuk mengikuti lomba di SMAN Unggulan M.H. Thamrin maupun MAN Insan Cendikia hingga mendapatkan juara. Dukungan doa dari orang tua, teman serta guru-guru dalam hal dispensasi tugas maupun penghargaan dari pihak Madrasah sangat dibutuhkan.

Mereka yang berhasil adalah yang konsisten, gigih dan bersungguh-sungguh serta fokus terhadap hasil yang ingin dicapai.  Semoga artikel ini bisa memberikan manfaat dan motivasi untuk selalu berprestasi. Terus berusaha Putri, mengukir prestasi yang gemilang hingga tercapai masa depan yang cerah, you are champion and we were proud of you...

RDM MAN 10 JAKARTA

Simpatika

Madrasah Hebat Bertabat

ARD Man10

Cek NISS Siswa

E-Learning MAN 10