Kontak
Alamat :

Jl. Raya Joglo Baru No.77 Kembangan Jakarta Barat

Telepon :

021-25684367 - 021-25684367

Email :

info@man10jakarta.sch.id, man_joglo10@yahoo.com

Website :

www.man10jakarta.sch.id

Polling

Bagaimana Tampilan Website ini

  Bagus Sekali
  Bagus
  Cukup Bagus
  Kurang Bangus
  Tidak Bagus

  Hasil Polling
Kalender

Januari 2021

Mg Sn Sl Rb Km Jm Sb
1 2
3 4 5 6 7 8 9
10 11 12 13 14 15 16
17 18 19 20 21 22 23
24 25 26 27 28 29 30
31

SANTUNAN YATAMA DAN DHUAFA, BERAMAL DENGAN BERBAGI REZEKI DI MAN 10 JAKARTA


Humas MAN 10 Jakarta - Kegiatan santunan yatama dan dhuafa, tiap tahun dilaksanakan di MAN 10 Jakarta. Walaupun dalam kondisi Pandemi, Madrasah dan OSIS tetap melaksanakan kegiatan santunan yatama dan Dhuafa.(18/9)

Momentum 10 Muharram dijadikan sebagai Idul Yatama, berdasarkan anjuran untuk menyantuni anak-anak yatim pada hari tersebut. Dalam sebuah hadits disebutkan bahwa Rasulullah SAW sangat menyayangi anak-anak yatim. Dan beliau lebih menyayangi lagi pada hari Asyura (tanggal 10 Muharram). Di mana pada tanggal tersebut, Beliau menjamu dan bersedekah bukan hanya kepada anak yatim, tapi juga keluarganya. Kemudian dalam kitab Tanbihul Ghafilin bi-Ahaditsi Sayyidil Anbiyaa-i wal Mursalin disebutkan bahwa Rasulullah SAW. bersabda “Barangsiapa berpuasa para hari Asyura (tanggal 10) Muharram, niscaya Allah akan memberikan seribu pahala malaikat dan pahala 10.000 pahala syuhada’. Dan barang siapa mengusap kepala anak yatim pada hari Asyura, niscaya Allah mengangkat derajatnya pada setiap rambut yang diusapnya“.

Penjelasan tentang berbagi rezeki dengan anak yatim dikatakan oleh wakil kesiswaan, Nimun ,

“ Walau dalam masa pandemi ini, Madrasah dan OSIS tetap melaksankan kegiatan santunan, berbagi rezeki dan beramal, dengan kegiatan ini diharapkan dapat membantu siswa MAN 10 “.

Adapun santunan Yatama dan Dhuafa diberikan kepada siswa MAN 10 dengan jumlah 35 orang, yang diwakilkan hanya beberapa orang saja, karena kondisi Pandemi. Sedangkan yang memang tidak hadir, diberikan langsung ke rumah siswa yang disantuni oleh pengurus OSIS.

“Contohlah Rosulullah yang sudah menjadi yatim sejak kecil, tapi memiliki akhlak mulia” Tutur Yusuf, dari Wakil Bidang Sarana Prasarana.

Apa yang diharapkan dari dewan guru agar siswa MAN 10 memiliki sifat seperti Nabi Muhammad begitupun juga akhlaknya.

Santunan yatama berjalan dengan lancar, walaupun hanya perwakilan saja dari beberapa siswa. (Fz)

Sambutan Kepala Madrasah

Bismillahirrahmanirrahim,

Assalamuaalikum warahmatullahi wabarakatuh,

Alhamdulillah, puji dan syukur  kita panjatkan kepada Yang Memiliki Kekuasaan dan Sang Pemberi  Taufik, Hidayah dan Inayah kepada seluruh makhlukNya, Allah SWT. Salawat serta salam mudah-mudahan selalu kita sanjungkan kepada Baginda Rasulullah Saw, Sang pencerah kehidupan di bumi.

Alhamdulillah, kami seluruh sivitas akademika  madrasah terus  berkiprah sesuai dengan fungsi kami sebagai lembaga perpanjangan pemerintah dalam bidang pendidikan. Kami terus mendukung upaya Pemerintah untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang tersurat dalam Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional No. 20 Tahun 2003 bahwa Pendidikan Nasional bertujuan menjadikan peserta didik yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Mahaesa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, inovatif, kreatif, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggungjawab.

Kami terus berupaya dengan memenuhi 8 standar pendidikan dengan menyempurnakan program kurikulum, kesiswaan dan ekstrakurikuler serta kegiatan pembiasaan. Kegiatan yang dimaksud sebagai upaya kami dalam mendukung usaha pemerintah untuk menjamin pemerataan kesempatan pendidikan, peningkatan mutu serta relevansi, dan efisiensi manajemen pendidikan untuk menghadapi tantangan sesuai dengan tuntunan perubahan lokal, nasional, dan global.

Kami menyadari pentingnya madrasah sebagai  salah satu lembaga pendidikan yang bertugas sebagai pihak yang bertanggungjawab dalam mempersiapkan sumber daya manusia yang berkualitas. Bahwa, madrasah dibentuk sebagai wujud usaha masyarakat dan para pemuka masyarakat yang memelopori gerakan pendidikan. Juga sebagai mana diketahui, bahwa para pendiri madrasah berharap bahwa lembaga ini dapat menjadi salah satu kekuatan yang dapat memberikan konstribusi untuk mendukung cita-cita luhur pendidikan nasional.

MAN 10 Jakarta, ingin membuktikan : pertama, bahwa ilmu, teknologi, serta berbagai keterampilan hidup yang dibekalkan kepada peserta didik adalah relevan dan bermanfaat dalam menghadapi tantangan masa yang akan datang; kedua, bahwa kami senantiasa menerapkan norma-norma dan proses pendidikan yang profesional; ketiga, bahwa kami telah efektif dan efisien memanfaatkan dana dan perlengkapan pendidikan; keempat,  bahwa apa yang dihasilkan dalam penanaman dan pemantapan nilai religius, karakter kesalehan  individu dan kesalehan sosial sesuai dengan ajaran agama.

Kami seluruh sivitas akademika MAN 10 Jakarta terus berusaha dan ingin membuktikan bahwa kami dapat melahirkan generasi yang lebih baik, yaitu generasi yang dapat bertahan hidup di masa depan. Kami terus berusaha jauh lebih dari itu, karena madrasah masa depan yang telah mengambil posisi terdepan. Madrasah yang  memiliki potensi perintisan, dan telah dan akan terus memainkan  peran konstruktif  sebagai lembaga yang mampu melahirkan rohaniwan, pemikir, budayawan, ilmuwan. Tegasnya  bahwa kami akan terus berupaya agar dapat melahirkan pemimpin ummah yang siap berkiprah di segala bidang kehidupan yang beradab.

Tentunya kami berpedoman pada  visi dan misi negara juga visi misi Kanwil Kementerian Agama DKI Jakarta yang tersurat dalam jargon: Moderasi Beragama, Umat Rukun,  Jakarta Maju. Kami berupaya untuk mengejewantahkan visi kami: Bertakwa, berilmu, inovatif dan berjiwa nasional yang disempurnakan dengan visi madrasah riset " Riset Membangun Peradaban "

 Wallahualam,

Jakarta, Januari 2020

Kepala Madrasah 

Dra. Nurlaelah, M.Pd

Nip. 196606081994032001

Madrasah Hebat Bertabat
Simpatika
ARD Man10
Cek NISS Siswa
E-Learning MAN 10