CARA BELAJAR YANG MENYENANGKAN DI ERA NEW NORMAL

Jakarta, (Humas MAN 10 Jakarta) Di era New Normal kondisi belajar di MAN 10 masih melakukan kondisi belajar jarak jauh. Kebutuhan akan aplikasi pembelajaran jarak jauh yang murah, mudah dan menyenangkan sangat dibutuhkan. Untuk mempermudah transisi ke pembelajaran jarak jauh, maka kepala sekolah MAN 10 Jakarta, Ibu Nurlelah menganggap penting sekali untuk melakukan pelatihan kepada guru guru MAN 10 Jakarta dengan Pelatihan Model Pembelajaran Daring Dengan Mocrosoft 365 (13/7).

Wakur MAN 10 Jakarta mengatakan bahwa banyak sekali manfaat dari aplikasi microsoft 365 diantaranya memudahkan kita untuk kerjasama tim dalam sebuah group yang dibuat. Dan siswa juga bisa menggunakan aplikasi ini tanpa harus menggunkan laptop.

Pelatihan ini sekolah mengundang perwakilan dari sekolah negeri Jakarta Barat yaitu MAN 16 dan MAN 17. Pelatihan ini diadakan tanggal 13 dan 14 Juli 2020.

Saroji dan Mega Kartika sebagai tutor sebaya mengatakan bahwa Asyiknya menggunakan Office 365 ini terdapat Microsoft Teams. Fitur ini untuk pendidikan sebagai hubungan digital bagi para guru dan siswa. Sehingga dapat bekerja bersama, kapan saja, dimana saja, dan di semua perangkat. Guru pun dapat berhubungan dengan rekannya dan melanjutkan perkembangan sendiri dalam PLC (Professional Learning Communities). Menggunakan microsoft Teams ini guru dapat membuat ruang kelas yang otomatis diisi dengan daftar nama siswa dari sistem informasi sekolah, berbagi file, dan materi mengajar,membuat pengumuman,membagi kelas kedalam grup proyek dan memantau perkembangannya. Masih banyak lagi fitur-fitur yang terdapat microsoft office 365 yang memudahkan guru dan siswa.

Menurut Randy sebagai peserta dari pelatihan microsoft 365 bahwa aplikasinya sangat bagus dan membantu proses pembelajaran jarak jauh. Dapat memudahkan guru dan siswa dalam melakukan aktivitas belajar dan mengajar di masa pandemi sekarang ini. Pada akhirnya microsoft 365 ini menjadi opsi tambahan bagi para pendidik selain google class room, elearning madrasah dan lain-lain di dalam menunjang suksesnya pembelajaran jarak jauh.

Berbagai aplikasi lainnya dicoba juga untuk membantu pengajaran PJJ sehingga siswa dapat belajar dengan menyenangkan melalui model aplikasi yang lain, dan siswa tidak merasa bosan dengan belajar jarak jauh, inilah model pembelajaran untuk meningkatkan motivasi belajar melalui aplikasi yang mudah dan menyenangkan./ FZ

 

 












Sambutan Kepala Madrasah
sambutan

Bismillahirrahmanirrahim,

Assalamuaalikum warahmatullahi wabarakatuh,

Alhamdulillah, puji dan syukur  kita panjatkan kepada Yang Memiliki Kekuasaan dan Sang Pemberi  Taufik, Hidayah dan Inayah kepada seluruh makhlukNya, Allah SWT. Salawat serta salam mudah-mudahan selalu kita sanjungkan kepada Baginda Rasulullah Saw, Sang pencerah kehidupan di bumi.

Alhamdulillah, kami seluruh sivitas akademika  madrasah terus  berkiprah sesuai dengan fungsi kami sebagai lembaga perpanjangan pemerintah dalam bidang pendidikan. Kami terus mendukung upaya Pemerintah untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang tersurat dalam Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional No. 20 Tahun 2003 bahwa Pendidikan Nasional bertujuan menjadikan peserta didik yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Mahaesa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, inovatif, kreatif, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggungjawab.

Kami terus berupaya dengan memenuhi 8 standar pendidikan dengan menyempurnakan program kurikulum, kesiswaan dan ekstrakurikuler serta kegiatan pembiasaan. Kegiatan yang dimaksud sebagai upaya kami dalam mendukung usaha pemerintah untuk menjamin pemerataan kesempatan pendidikan, peningkatan mutu serta relevansi, dan efisiensi manajemen pendidikan untuk menghadapi tantangan sesuai dengan tuntunan perubahan lokal, nasional, dan global.

Kami menyadari pentingnya madrasah sebagai  salah satu lembaga pendidikan yang bertugas sebagai pihak yang bertanggungjawab dalam mempersiapkan sumber daya manusia yang berkualitas. Bahwa, madrasah dibentuk sebagai wujud usaha masyarakat dan para pemuka masyarakat yang memelopori gerakan pendidikan. Juga sebagai mana diketahui, bahwa para pendiri madrasah berharap bahwa lembaga ini dapat menjadi salah satu kekuatan yang dapat memberikan konstribusi untuk mendukung cita-cita luhur pendidikan nasional.

MAN 10 Jakarta, ingin membuktikan : pertama, bahwa ilmu, teknologi, serta berbagai keterampilan hidup yang dibekalkan kepada peserta didik adalah relevan dan bermanfaat dalam menghadapi tantangan masa yang akan datang; kedua, bahwa kami senantiasa menerapkan norma-norma dan proses pendidikan yang profesional; ketiga, bahwa kami telah efektif dan efisien memanfaatkan dana dan perlengkapan pendidikan; keempat,  bahwa apa yang dihasilkan dalam penanaman dan pemantapan nilai religius, karakter kesalehan  individu dan kesalehan sosial sesuai dengan ajaran agama.

Kami seluruh sivitas akademika MAN 10 Jakarta terus berusaha dan ingin membuktikan bahwa kami dapat melahirkan generasi yang lebih baik, yaitu generasi yang dapat bertahan hidup di masa depan. Kami terus berusaha jauh lebih dari itu, karena madrasah masa depan yang telah mengambil posisi terdepan. Madrasah yang  memiliki potensi perintisan, dan telah dan akan terus memainkan  peran konstruktif  sebagai lembaga yang mampu melahirkan rohaniwan, pemikir, budayawan, ilmuwan. Tegasnya  bahwa kami akan terus berupaya agar dapat melahirkan pemimpin ummah yang siap berkiprah di segala bidang kehidupan yang beradab.

Tentunya kami berpedoman pada  visi dan misi negara juga visi misi Kanwil Kementerian Agama DKI Jakarta yang tersurat dalam jargon: Moderasi Beragama, Umat Rukun,  Jakarta Maju. Kami berupaya untuk mengejewantahkan visi kami: Bertakwa, berilmu, inovatif dan berjiwa nasional yang disempurnakan dengan visi madrasah riset " Riset Membangun Peradaban "

 Wallahualam,

Jakarta, Januari 2020

Kepala Madrasah 

Dra. Nurlaelah, M.Pd

Nip. 196606081994032001